Dulu banget, pernah beli buku The Power of Kepepet, saking berkesannya sampe dibikin blogpost di blog kusumadewi.net Februari 2009 ( 3 years ago )
 Lucunya adalah, beli bukunya tapi gak ngeh yang nulis siapa. Sampai suatu hari di twitter, entah gimana ceritanya follow akun @jayayea .. Udah lama follow baru nyadar, lah ini ya yang nulis buku The Power of Kepepet :-|

 Twitternya menarik banget, bermanfaat, ilmunya daging semua deh di twitter Terus diceritain sama si Mbah @webmasterID .. Katanya Mas J baik banget dan kalau bagi ilmu itu bener2 tulus.. Sampe kepengen ikutan e-camp (program enterprenurship training) nya yang bulan November ini.. Tapi karena bentrok schedule (plus ga dikasi suami karena suami suka sebel kalau aku ikut seminar yang juta juta) hmm hmm... ya udah, ga jadi

 Eh tapi ternyata rejeki ga kemana yah hihi, ternyata Mas J ngadain kopdar di Bali, GRATIS, karena beliau lagi ngisi training e-camp untuk mitra binaan PT Free Port di Bali, acaranya di Pecatu.. Gosh gosh gosh. Bener-bener beda yaa belajar sama praktisi dan sama MotiPaktor ;p

 Jadi .. apa aja intisari yang dipelajarin hari ini sama Mas Jaya Yea... Let me sum it up in my words.

1. About the cashflow quadrant.

 Bagi pengusaha apalagi orang MLM *like me* kitab suci nya sudah pasti tentunya cashflow quadrant nya Robert T Kiyosaki lah yaaa...

Cetar banget deh masukan dari Mas J tentang si Cashflow quadrant ini. Jadi sebenernya banyak orang yang kuadran S.. keukeuh pengen masuk kuadran B, bikin business yang punya sistem, dan kejer passive income dari sana , trus baru masuk ke I..

 no .. no .. no...

 Everyone is unique, dan for honest bikin business yang sistemnya rapi, yang saat ditinggal ownernya bisnisnya growing terus, bukan bisnis yang pas ownernya ada bisnisnya jalan pas ownernya ga ada bisnisnya ga berkembang, ga semua orang bisa.

 Ada orang yang natural talentnya mungkin jadi self employee , tapi jangan ciut juga.. self employee itu bukan berarti jelek. You can make huge money too by being a self employee.. Let say jadi selebriti, atau jadi make up artist, or whatever lah.


Yang penting pinter2 ngatur uang yang masuk tadi aja . Saat business mu yang masih ada di kuadran S berkembang pesat (lagi di fase Sapi perah kalau menurut BCG (Boston Consulting Group) Matrix *jadi inget jaman kuliah manajemen pemasaran* , duitnya banyak hasilnya...

 Go go go sisihkan buat beli asset (jadi masuk ke kuadran I), beli deh properti yang bisa ngasilin duit sewaan per bulannya, atau reksadana yang untuk pensiun, beli franchise yang udah paten yang pasti jalan.., etc) Bayangin kalau hasil kuadran S yang berkembang pesat tadi bisa didistribusiin ke 100 jenis investment, 100 investment yang kasi profit 3-5% per month. Risk distributionnya udah cukup aman deh kata Mas J..
 yah rugi 20 investmentnya masih ada pasif income mingkem tiap bulan.

 Bukan seberapa banyak uang yang masuk. Tapi seberapa pasif. *NOTE THAT*

 2. Dunia bisnis itu beda sama jadi agen MLM.

 Tadi sempet nanya, boleh sharing ga tips untuk achieve 1 M per bulan. Jawabannya menarik dan membuka mindset, bahkan goal tahunanku untuk 2013 pasti kena revisi karena jawabannya mas J tadi. "kalau dunia bisnis, itu beda sama jadi agen MLM atau asuransi, dimana incomenya bulanan. Kalau bisnis, bulan ini profit 1 M, bulan depan bisa rugi 1 M. "

 Kalo kesimpulanku sih jadinya yang penting jadinya adalah setiap dapat profit, buru buru lariin ke investment deh. (seperti dibahas di point 1)

 Hmmm nice nice.
 Setelah dapat input seperti itu , jadi keinget ilmunya Pak Tung (kalo ga salah)
Ada massive income (income besar tapi ga pasif)
Ada massive passive income (income besar dan pasif)
Ada juga passive income (income pasif tapi ga segede massive income)

Dari MLMku yah buat running kebutuhan bulanan dan bisa invest beberapa bisnis yah..
Terus dari company sendiri (yang masih diprepare ini) nanti selama masih di fase cash cow, bisa jadi massive incomenya, syukur syukur jadi massive passive income.


3. Keep your balance.


Trus yang sangat bagus tadi adalah... mau jadi millionair yang seperti apa?
 Mau yang tiap hari sibuk meeting sana sini, urus macem-macem,
atau yang nyantai... atau yang punya banyak waktu untuk keluarga. Bangunnya siang2.. habis bangun siang online, main ama anak, trus keluar rumah cuma 2-3 kali seminggu (ih ini aku banget sik)

 For me of course lah yang punya banyak waktu untuk keluarga dan bisa nyantai.
 Intinya : KEEP YOUR BALANCE. jangan sampai bisnis terus sampai keluarga bubar...



 4. Keep good relationship with others.


  Pesan penting banget buat agen MLM Jaga relasi baik-baik sama sesama teman di MLM mau upline, downline,crossline, karena pertemanan dan link is everything. (sama pesannya kayak coach nyoman).. Yes true. Walau crossline di MLM, ga nutup kemungkinan bisa partneran di tempat lainnya, yes?

So thats it the keypoints from me!






















Xoxo



Mamiii


2 Comments

  1. aaaaaaakkkkk mamiii gak ngajak" .______.
    :'(

    ReplyDelete
  2. yaa kan kamu pas di Pondok Kuring bilang mau ada acara tuh 2 hari.. Si Epa juga dadakan ngajaknya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.